Apasih Pencahayaan Fasad itu ?


 


Keindahan fasad tidak hanya bisa dinikmati pada siang hari saja , namun pada malam hari pun fasad masih bisa menampilkan keindahan . disinilah teknik pencahayaan sangat berperan .

Lighting yang tepat dan sesuai membuat fasad rumah anda menjadi menarik dan lebih “hidup” . lighting yang baik menggabungkan antara fungsi dan estetika . ada beberapa hal yang oerlu kita perhatikan saat mendesain pencahayaan pada fasad yaitu jenis pencahayaan dan sumber cahaya (lampu).

Jenis Pencahayaan
jika kita mengamati fasad , kita akan menemukan penempatan lampu yang berbeda beda . ada lampu yang sinarnya mengarah keatas , mengarah ke bawah da nada juga lampu yang di pasang menempel pada plafond.jenis pencahayaan tersebut dapat dibedakan dari segi fungsi . Jenis pencahayaan berdasarkan fungsi nya :

-General Lighting, adalah lampu yang bersifat memberi penerangan merata . dan harus dikombinasi kan dengan jenis pencahayaan lain agar tidak monoton.

-Task Lighting, adalah lampu yang digunakan untuk memberikan penerangan pada kegiatan tertentu misalnya , lampu kerja , lampu baca.

-Accent Lighting,adalah lampu yang berfungsi untuk memberikan penerangan pada suatu object tertentu .misalnya, lampu sorot lukisan atau artwork.

-Art / decorative lighting , adalah lampu yang  bersifat dekoratif , misalnya lampu dinding dan lampu gantung .
 
Jenis pencahayaan berdasarkan penempatan

-Direct Lighting,adalah lampu yang posisinya terlihat dan sinarnya mengarah langsung ke objek yang dituju.

-Indirect Lighting,adalah lampu yang posisinya tidak terlihat dan sinarnya tidak mengarah langsung ke objek. Misalnya , lampu cove pada plafond.

-Downlight, adalah lampu yang sinarnya mengarah ke bawah . lampu ini umumnya sering digunakan untuk menyorot suatu objek.

-Uplight , adalah lampu yang sinarnya mengarah ke atas lampu ini banyak digunakan untuk menyorot dinding atau kolom .

 


Dinda A. Ramadhani
arief-arsitek.com
08999600111 - 082337781234 - 085804252111


Recent Posts

Arsitektur Islam adalah itu adalah arsitektur yang di dalamnya ...

Meskipun terletak diatas dan jauh dari jangkauan tangan kita , ...

  Perkembangan desain arsitektur saat ini tdak serta ...

  Secondary skin adalah lapisan kedua sebuah bangunan . ...