Apasih Pencahayaan Fasad itu ?


 


Keindahan fasad tidak hanya bisa dinikmati pada siang hari saja , namun pada malam hari pun fasad masih bisa menampilkan keindahan . disinilah teknik pencahayaan sangat berperan .

Lighting yang tepat dan sesuai membuat fasad rumah anda menjadi menarik dan lebih “hidup” . lighting yang baik menggabungkan antara fungsi dan estetika . ada beberapa hal yang oerlu kita perhatikan saat mendesain pencahayaan pada fasad yaitu jenis pencahayaan dan sumber cahaya (lampu).

Jenis Pencahayaan
jika kita mengamati fasad , kita akan menemukan penempatan lampu yang berbeda beda . ada lampu yang sinarnya mengarah keatas , mengarah ke bawah da nada juga lampu yang di pasang menempel pada plafond.jenis pencahayaan tersebut dapat dibedakan dari segi fungsi . Jenis pencahayaan berdasarkan fungsi nya :

-General Lighting, adalah lampu yang bersifat memberi penerangan merata . dan harus dikombinasi kan dengan jenis pencahayaan lain agar tidak monoton.

-Task Lighting, adalah lampu yang digunakan untuk memberikan penerangan pada kegiatan tertentu misalnya , lampu kerja , lampu baca.

-Accent Lighting,adalah lampu yang berfungsi untuk memberikan penerangan pada suatu object tertentu .misalnya, lampu sorot lukisan atau artwork.

-Art / decorative lighting , adalah lampu yang  bersifat dekoratif , misalnya lampu dinding dan lampu gantung .
 
Jenis pencahayaan berdasarkan penempatan

-Direct Lighting,adalah lampu yang posisinya terlihat dan sinarnya mengarah langsung ke objek yang dituju.

-Indirect Lighting,adalah lampu yang posisinya tidak terlihat dan sinarnya tidak mengarah langsung ke objek. Misalnya , lampu cove pada plafond.

-Downlight, adalah lampu yang sinarnya mengarah ke bawah . lampu ini umumnya sering digunakan untuk menyorot suatu objek.

-Uplight , adalah lampu yang sinarnya mengarah ke atas lampu ini banyak digunakan untuk menyorot dinding atau kolom .

 


Dinda A. Ramadhani
arief-arsitek.com
08999600111 - 082337781234 - 085804252111


Recent Posts

PENGERTIAN ARSITEKTUR Arsitektur lahir dari dinamika antara ...

Kanopi merupakan elemen penambah bangunan yang ditempatkan pada ...

Menjadi seorang arsitek yang handal memanglah tidak semudah apa ...

Pruitt-Igoe merupakan sebuah proyek perumahan besar perkotaan ...