Bagaimana Cara Memahami Fasad Rumah Anda ?


Fasad tidak hanya sebuah dinding pembatas namun juga merupakan rangkaian elemen arsitektur , mulai dari atap , dinding , bukaan , struktur , material hingga pencahayaan . perancangan fasad yang selaras menjadikan fasad enak untuk dipandang , dan keselarasan itu mencakup skala , komposisi , bentuk , material , warna , serta salah satu konsistensi penerapan salah satu gaya arsitektur . namun sebelum anda merancang fasad rumah anda lebih jauh lagi , anda perlu mengerti apa fungsi fasad . ada beberapa fungsi fasad yang bisa anda pahami sebelum anda merencanakan fasad rumah anda . antara lain :

1.Fasad Sebagai eksterior Bangunan
Fsad menjadi bagian dari eksterior bangunan membuat fasad menjadi pembatas ruang dalam lingkungan sekitarnya .berfungsi untuk:

-membatasi pandangan : fasad berfungsi sebagai pembatas pandangan tepanya antara lingkungan luar ke ruang dalam , fasad tertutup diperlukan jika bagian dalamnya adalah kamar tidur atau kamar mandi .
 
-Meredam bising : disadai atau tidak, fasad membatasi ruang dalam dari kondisi bising diluar . fasad akan dibuat masif jika keberadaan rumah di area yang ramai , dan beda pula untuk rumah yang berada di area perumahan sepi .
 
-Mengatasi iklim cuaca : desain fasad umumnya dibuat mengikuti kondisi cuaca setempat . fasad di Negara yang memiliki dua musim akan berbeda dengan fasad di Negara yang memiliki empat musim

2.Fasad sbagai citra pertama
Fasad menjadi penting karena bagian ini lah yang pertama kali dilihat orang . maka dari itu perlu di desain semnarik mungkin supaya memberikan citra yang baik bagi penikmatnya . secara visual , fasad mencitrakan konsep desain rumah secara keseluruhan , yang pertama sebagai landmark kawasan . fasad dapat berbeda dengan dari lingkungannya dari segi bentuk , warna , hingga penggunaan material . dengn begitu fasad rumah akan mudah di kenali dan lebih menonjol dari sekelilingnya . selain itu yang kedua adalah sebagai identitas pemiliknya , sehingga fasad rumah menjadi ciri khas dari sifat-sifat pemiliknya.

3.Fasad sebagai kulit bangunan
Dari fungsinya sebagai lapisan luar bangunan fasad juga menjadi shading atau peneduh dari ruang dalam , fasad menghasilkan bayangan yang terbentuk dari dinding , teritis , kisi-kisi, pintu - jendela , dan sebagainya . dan pada beberapa kasus sebuah rumah mengguanakan fasad pelapis untuk menutupi fasad asli yang desainnya dinilai kurang menarik .



Dinda A. Ramadhani
arief-arsitek,com
08999600111 - 082337781234 - 085804252111


Recent Posts

Ukuran , bentuk , dan penempatan yang tepat menjadikan jendela ...

Langit-langit atau plafon ialah permukaan interior atas yang ...

Istilah rumah urban kini tak asing lagi di telinga masyarakat kota, ...

Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di propinsi Jawa Timur ...